Percaya Kepada Hari Akhir



Judul                           : PERCAYA KEPADA HARI AKHIR
Dilombakan oleh         : Vidya Viveka
Pada                           : Minggu, 22 April 2012
*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*

Dewan juri yang saya hormati,
Bapak, Ibu hadirin yang dirahmati Allah
Serta teman-teman semua yang saya cintai.

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Alhamdulillahirobbil ‘alamin wabihi nasta’inu ‘ala umuriddun–ya waddin wa ‘ala alihi washohbihi ajma’in. Amma ba’du.
Pertama-tama marilah kita selalu memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah menciptakan kehidupan di bumi ini. Tak lupa pula sholawat dan salam kita tujukan pada Nabiyulloh Muhammad SAW yang telah menunjukkan jalan Islam kepada seluruh umat termasuk kita semua.

Teman-teman semua, perkenankan disini saya Veka, ingin menyampaikan materi tentang Iman kepada hari akhir.
*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*
Teman-teman pernah denger ga apa itu kiamat? kiamat itu adalah akhir dari kehidupan dunia. Jadi kita hidup di dunia ini tidak selamanya. Ketika kiamat datang bumi bergoncang hebat, gunung-gunung beterbangan seperti kapas yang ringan, manusia berhamburan saling bertabrakan, semuanya hancur lebur dan semua yang hidup di dunia akan mati tidak ada yang tersisa. Hiii..menakutkan sekali bukan? Teman-teman percaya tidak? Sebagai seorang muslim kita wajib percaya adanya hari akhir atau kiamat sebab salah satu dari 6 rukun iman adalah percaya kepada hari akhir. Coba Veka mau tanya rukun iman yang ke berapa teman-teman?? iya benar percaya pada hari akhir adalah rukun iman yang kelima.
           
Allah berfirman dalam Q.S Al-Mu’min : 59
yang artinya:
 “Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tiada beriman.”

Allah juga memberikan gambaran tentang kiamat dalam Al-qur’an surat Al-Qari’ah ayat 1-5 yang artinya:
“Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.”
Sekarang kita udah percaya kan adanya hari akhir?

Veka..Veka.. tanya dong kapan kiamat itu akan datang? biar kita bisa bersiap-siap..
Gini ya teman-teman, kiamat itu rahasia Allah tidak ada satu pun makhluk yang tau kapan terjadinya. Allah berfirman dalam Q.S Al-A’raf : 187
“... Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.”
jadi kalo kita pernah mendengar ramalan kiamat akan datang pada tahun 2012 jangan percaya deh karena kiamat itu tidak bisa diprediksi, hanya Allahlah yang tau kapan terjadinya. Lagipula percaya ramalan itu tidak boleh karena sama saja mengingkari ayat-ayat Allah.

Trus kenapa sih kiamat itu harus dirahasiakan segala? kan kalo kita tahu kapan datangnya kiamat kita bisa beribadah yang banyak pada Allah.
Nah itu dia teman-teman, Allah merahasiakan datangnya hari kiamat sebagai ujian atas keimanan kita pada-Nya. Seperti tertuang dalam Q.S Thaha : 15 kiamat dirahasiakan supaya setiap orang mendapatkan balasan dari apa yang mereka buat di dunia. Kalau orang beriman pasti akan selalu taat beribadah kepada Allah dan akan mendapatkan balasan surga, tetapi orang-orang yang tidak beriman akan mendapatkan balasan yang buruk dari Allah berupa siksa neraka.

Tapi tenang teman-teman, walaupun dirahasiakan, kita masih bisa tau kok tanda-tanda kedatangannya, diantaranya:
1.    Ajaran islam mulai ditinggalkan oleh kaum muslim
2.    Kaum wanita berdandan seperti kaum pria dan sebaliknya
3.    Matahari terbit dari Barat, dan masih banyak lagi.
Ternyata sebagian sudah mulai ada ya teman-teman. Maka dari itu mumpung kita masih punya kesempatan hidup di dunia ini marilah kita memperbanyak amalan kita kepada Allah untuk bekal kita di hari akhir nanti, seperti sabda Rosululloh dalam sebuah hadist:
“dunia adalah ladang bagi akhirat”

Iman kepada hari akhir bukan cuma sekedar percaya kiamat saja lho teman-teman, tetapi juga mencakup tiga hal pokok yaitu:
1.    Percaya kepada hari kebangkitan
2.    Percaya adanya hari perhitungan dan hari pembalasan, dan
3.    Percaya surga dan neraka

Nah..bagaimana teman-teman, sudah ngerti kan tentang percaya pada hari akhir? kalau begitu marilah kita mengimani dan beramal sholeh karena Allah akan memberikan surga kepada orang-orang yang beriman dan beramal sholeh sesuai dengan janji-Nya pada Q.S At-Thalaq : 11.
Dan orang-orang yang beriman kepada Allah dan mengerjakan amal kebajikan, tentu Allah akan memasukkannya ke dalam surga yang banyak mengalir sungai-sungai di bawahnya.”

Demikian yang dapat Veka sampaikan kepada teman-teman semua, semoga apa yang Veka sampaikan bisa bermanfaat bagi kita semua. Amiin.
Akhir kata,

Beli bakso di warung sebelah, mumpung panas ayo segera dimakan,
Jika Veka ada salah, mohon yah dimaafkan..^^

Billahi taufiq wal hidayah,
Akhirukhalam
Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
[zym]

referensi:


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Kami di Facebook


Mau nyumbang artikel atau tulisan? sampaikan aja lewat sini page isamtiga di facebook atau kirim artikelnya ke

isam.tiga@gmail.com