Kiat Mudah Bangun Malam Untuk Qiyamullail



Alhamdulillah pembaca yang dirahmati Allah, kali ini saya ingin membagi sedikit pengetahuan yang disampaikan oleh teman kita, yaitu Saudara Wisnu. Berikut kutipan isi materi yang disampaikan oleh teman kita.

Dari Ibnu Mas’ud katanya
“Ada seorang lelaki yang disebut-sebut di sisi Nabi SAW, yaitu bahwa orang tersebut tidur di waktu malam sampai pagi – yaitu tidak bangun untuk shalat malam, lalu Beliau Rasulullah Saw bersabda; ‘orang itu sudah dikencingi syaitan di kedua telinganya’ atau Beliau Rasulullah Saw bersabda ‘ditelinganya’ (H.R. Muttafaqun ‘alaih)

Banyak orang mengatakan betapa sulit bangun untuk melaksanakan qiyamullail. Karena itulah para ulama memberikan beberapa kiat agar bisa dan terbiasa bangun malam untuk qiyamullail.
Rasulullah Saw bersabda :
“Rabb kita Azza Wa Jalla tiap malam turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang terakhir, lalu Allah swt berfirman, Barangsiapa yang berdo’a kepada-Ku pasti Aku kabulkan. Barangsiapa yang memohon kepada-Ku pasti Aku beri dan barangsiapa yang meminta ampun kepada-Ku pasti Aku ampuni.” (H.R.Muslim)

Imam Al-Ghazali memberikan nasihat sebagai berikut :

  • Makan malam yang sedikit sekedar tidak lapar.

  • Memahami keutamaan qiyamullail dengan mentadabburi ayat-ayat Al Qur’an dan hadits-hadits Nabi serta kisah para salfushshalih berkenaan dengan qiyamullail

  • Berupaya agar tidak melakukan maksiat di siang harinya sebagai bukti mahabbah kepada Allah dengan sebenarnya. Istiqomah dalam beribadah di waktu malam merupakan anugerah yang Allah berikan kepada para hamba pilihan-Nya

Sebagai penutup, mari kita ingat nasihat Abdullah bin Rawahah, “Apabila hamba Allah itu diingatkan syurga, maka ia akan semakin rindu kepadanya. Dan apabila diingatkan neraka, maka ia tidak akan bisa tidur nyenyak”

Sekian,, semoga bermanfaat terimakasih ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Kami di Facebook


Mau nyumbang artikel atau tulisan? sampaikan aja lewat sini page isamtiga di facebook atau kirim artikelnya ke

isam.tiga@gmail.com